Inilah Internet Marketing Yang Sebenarnya

Secara awam internet marketing yang kita pahami selama ini adalah “jualan via internet”. Gak salah juga sih, kalau dilihat dari definisinya.

Kalau om Wikipedia mendefinisikannya seperti ini:

Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet.

Nah, sebenarnya kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Jadi apa sih gunanya kita menggunakan Internet Marketing?

Tentunya kita sebagai pelaku bisnis, baik itu bisnis online maupun offline, tentunya ingin meningkatkan penjualan kita, atau ingin brand awareness nya lebih terkenal lagi.

Disinilah, internet adalah salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet (netizen) tentang bisnis kita, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang kita miliki.

Agar lebih memudahkan kita untuk memahami internet marketing, akan saya jelaskan dengan cara yang sederhana, dan memberikan contoh-contoh apa yang dilakukan para internet marketer dunia.

Bentuk nya bisa kita bagi menjadi dua, yaitu:

  • Internet marketing sebagai sumber penghasilan
  • Internet marketing sebagai cara ber promosi

Dari dua bentuk diatas, terdapat banyak lagi model dan tipe bisnis nya.

Berikut akan saya jelaskan secara sederhana:

I. Internet Marketing Sebagai Sumber Penghasilan

Dewasa ini, Internet telah menjadi gaya hidup masyarakat di Indonesia, terutama bagi mereka yang memiliki gadget dengan teknologi terbaru seperti, smartphone, tablet, dan laptop. Coba kita perhatikan di sekitar kita, hampir semua orang sudah punya smartphone, bahkan abang baso pun sudah punya BlackBerry supaya bisa langsung promosi baso dagangannya. Tinggal BC atau broadcast, promosinya sampai ke pelanggannya yang juga punya BlackBerry, basonya laku keras deh. ^-^

Menjalankan internet marketing untuk mendapatkan penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa tipe bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri, dan bisnis pelelangan secara online.

  1. Pay Per Cliks (PPC)

Definisinya seperti ini :

PPC adalah kepanjangan dari Pay Per Click. Sebuah program bisnis diinternet yang membayar setiap klik yang terjadi pada iklan yang dipasang pada website atau blok membernya yang terdaftar. Sumber: BisnisOnlineTop1

Lebih detil di jelaskan di Blog MaxManroe:

Program PPC (Pay Per Click) banyak dilakukan oleh pemilik website/ blog untuk mendapatkan penghasilan dari situs mereka. Penghasilan yang didapatkan dari program PPC ini adalah berasal dari klik yang dilakukan oleh visitor/ pengunjung yang tertarik pada sebuah iklan yang ada di situs tersebut. Publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung situsnya, dimana harga per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser/ pengiklan. Besar penghasilan tergantung pada banyaknya klik iklan dan juga harga klik yang di bid oleh Advertiser.

Jadi kita sebagai pebisnis pemilik website/blog, mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yang kita pasang di klik oleh pengunjung website/blog kita, dab harga iklan per klik nya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser/ pengiklan dari perusahaan yang menawarkan program PPC.

Pada program bisnis online PPC ini, salah satunya yang sangat terkenal dan banyak membuat membernya sukses mengeruk dollar  adalah Google AdSense. Selain pembayarannya lebih tinggi dan benar – benar membayar membernya Google AdSense merupakan ladangnya para pebisinis di internet untuk memburu dollar.

Berikut perusahaan-perusahaan yang menawarkan program PPC:

2. Pay Per Sale (PPS)

Definisinya adalah:

PPS adalah singkatan dari Pay Per Sale jika diartikan kedalam bahasa indonesia, PPS berati bayaran per penjualan(CPS) atau bayaran komisi akan diberikan ketika ada tindakan /penjualan yang terjadi antara pembeli dan penjual. Prinsipnya sistem harga iklan online dimana pemilik iklan dari toko/perusahaan akan membayarkan berdasarkan jumlah penjualan yang secara langsun dari iklan yang terpasang pada web/blog publisher. Sumber: Blog My Top Tutorial

Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Besarnya penghasilan sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya:

3. Pay Per Lead (PPL)

Definisinya adalah:

Ini adalah program affiliasi dimana penjual/ vendor akan memberikan komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual/ vendor. Misalnya kita mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Sumber Blog MaxManroe

Selain itu PPL ada juga leads nya dari pendaftaran aplikasi mobile dan games

Perusahaan yang menawarkan program PPL antara lain adalah:

4. Dagang dengan Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain

Jualan via internet sekarang ini bukanlah hal yang luar biasa lagi, sudah hamrpir semua orang tahu apa itu jualan di Internet.

Di internet kita bisa jualan produk kita sendiri baik berupa barang fisik maupun produk digital, dan bisnis kita di offline bisa kita pasarkan melalui internet.

Selain jualan produk sendiri kita bisa juga jualan produk milik orang lain, baik berbentuk barang fisik maupun digital. Kalau yang kita jual adalah produk fisik kita bisa jadi reseller, agen, maupun dropshiper. Kalau barang digital kita jualannya dengan cara affiliasi atau bahasa kerennya affiliate.

Anda bisa searching di Google, produk-produk atau perusahaan/toko yang memberikan layanan penjualan secara reseller dan dropship. Ada ribuan toko yang bersedia barang nya di jualkan oleh Reseller maupun Dropshiper.

Misalnya, searching saja dengan keyword : “Dropship Busana Muslim”, atau “Reseller Pakaian Anak”.

5. Pelelangan (Online Auction)

Defenisinya seperti ini:

Di internet juga ada tempat untuk menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini bisa menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi. Sumber: Blog Max Manroe

Bahkan anda bisa borong barang waktu midnighsale di mal-mal di kota anda, yang biasanya ada diskon besar-besaran, anda beli saja barang branded misalnya sepatu Nike yang lagi diskon besar 50% keatas. Nanti jual dengan cara leleang di eBay dengan harga normal.

Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online:

II. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Dari penjelasan di awal artikel diatas, promosi online adalah salah satu bentuk dari internet marketing. Tidak perduli apapun produk atau bisnis apa yang mau dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.

Terdapat banyak cara untuk pemasaran online di internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui PPC Advertising (Beriklan PPC), Email Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.

1. PPC Advertising (PPC Ads)

Kembali kita jelaskan, ini definisi PPC menurut Om Wikipedia :

Bayar per klik (bahasa Inggris: pay per click) adalah sebuah metode kerja sama periklanan di internet yang berarti pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. Pada umumnya program-program PPC (Pay Per Click) mengisyaratkan blog atau situs web dengan menggunakan bahasa Inggris. Ada banyak program-program PPC di Indonesia.

Namun berbeda dengan program PPC untuk publisher, PPC Ads adalah kebalikannya.

Program PPC Ads ini ditujukan bagi para Advertiser/ pengiklan yang ingin mempromosikan bisnis mereka. Dalam hal ini kita sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar pihak perusahaan penyelenggara PPC Ads menampilkan iklan kita di jaringan situs publisher mereka. Tentu saja kita bisa mengatur harga iklan yang sesuai dengan budget yang ada.

Beberapa perusahaan yang menawarkan program ini adalah:

2. SEO (Search Engine Optimization)

Definisinya adalah:

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:

melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik

Sumber Blog SEMSEOMANAGEMENT

Namum SEO memerlukan keahlian khusus, khususnya analisa keyword sesuai dengan produk yang mau kita jual, sampai dengan teknik penulisan, serta memerlukan waktu yang tidak sebetar.

Inilah yang menjadi sebab banyak pelaku bisnis yang menyerahkan urusan optimalisasi SEO produknya dengan konsultan SEO, agar bisnis atau produknya bisa dengan cepat dan tepat masuk halaman satu atau bahkan peringkat satu di penarian google.

3. Email Marketing

Definisinya sebagai berikut:

Email marketing adalah Pemasaran yang digunakan para Pebisnis Online menggunakan Email atau surat elekronik. Sumber MarketingJoss

Lebih lengkap dijelaskan oleh MaxManroe:

Sesuai dengan namanya, email marketing adalah proses pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing ini juga bermacam-macam jenisnya, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain. Marketing melalui email biasanya sangat efektif karena promosi atau sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email tersebut.

Email sejatinya adalah sebuah surat konvensional yang di digitalkan. Hal ini membuat fungsi dari email tersebut tetaplah Privacy. Inilah yang mendasari banyak pebisnis untuk melakukan penawaran melalui Email, dikarenakan mereka paham betul, ketika seseorang mendapatkan email atau surat elektronik, maka biasanya isinya spesial (Walaupun banyak hal negatif juga yang disipkan menggunakan email).

Menjadi catatan penting yang harus diingat adalah kita tidak boleh melakukan SPAM karena akan mengganggu orang lain, dan tentunya akan merugikan kita sendiri karena si pemilik email bisa melakukan unscribe atau memasukkan email kita ke dalam daftar SPAMMER.

4. Social Media Marketing

Definisinya dari om Wikipedia adalah:

Teknik pemasaran dengan media sosial (bahasa Inggris: social media marketing) adalah proses meraih kunjungan pengguna internet ke situs tertentu atau perhatian khalayak ramai melalui situs-situs sosial media.

Kegiatan pemasaran dengan menggunakan media sosial biasanya berpusat pada usaha sebuah perusahaan untuk menciptakan konten yang menarik perhatian, sehingga mendorong para pembaca untuk membagikan konten tersebut melalui jejaring media sosial milik mereka. Tujuannya adalah menciptakan electronic word of mouth (eWoM), yakni komentar-komentar yang diberikan dan dibagikan oleh konsumen di internet (misalnya, website, jejaring sosial, pesan pendek, unggahan status) tentang acara, produk, servis, merek, atau perusahaan tertentu. Ketika pesan pemasaran tersebut tersebar dari pengguna yang satu ke pengguna yang lain, sehingga tampaknya muncul dari pihak ketiga yang terpercaya alih-alih dari merek atau perusahaan tertentu, hal ini membuahkan hasil yang sama dengan kegiatan pemasaran dengan membayar media tertentu.

Pemasaran Onlie dengan Social Media bisa kita lakukan dengan gratis, Seperti yang kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan YouTube, jumlahnya sudah sangat banyak. Dan ini adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa saja melalui internet.

5. Pemasaran Via Forum Online

Walaupun sekarang banyak website forum dengan topik-topik yang spesifik, namun kalau berbicara forum online, kita tidak bisa lepas dari Kaskus, forum online terbesar di Indonesia.

Forum ini membahas berbagai topik mulai dari politik, bisnis, nasional, dan masih banyak lagi. Salah satu sub forum di Kaskus khusus untuk para pedagang online yang ingin memasarkan produk mereka melalui Kaskus. Mereka menamakannya FJB Kaskus (Forum Jual Beli).

Selain kaskus ada juga ads.id forum yang lebih spesifik topik-topik nya membahas tentang iklan, bisnis, dan all about per-Jualbelian.

Kesimpulan

Ok, ini lah tulisan tentang Internet Marketing, yang saya coba tulis se pendek-pendek nya. ^-^ yaitu sedikit penjelasan mengenai apa itu internet marketing, dan media-media apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran online.

Memang ada banyak cara untuk melakukan bisnis dengan internet marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa berhasil kita kerjakan. Bahkan jadi gak fokus.

Ingat: FOKUS, FOKUS, FOKUS!!! heheeee 🙂

Karena itu, pilihlah beberapa saja yang memang efektif dan cocok untuk make money online atau memasarkan produk/ jasa yang ingin dipromosikan.

Terimakasih sudah membaca artikel saya yang pendek ini, semoga ini bisa bermanfaat untuk kita semua… Aamiin.

18 thoughts on “Inilah Internet Marketing Yang Sebenarnya

  1. wahh nice info nih, internet sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi dunia bisnis dan marketing, kalau tidak belajar bisa ketinggaln kita… terima kasih ilmunya mas…

    Salam Inspirasi,
    Mas_Olo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest